Sabtu, 12 Mei 2018

Manfaat Tanaman Kitolod Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Kitolod Bagi Kesehatan ,-  Bagi Anda yang sering bermain di sepanjang sungai pastinya pernah menjumpai yang namanya tanaman kitolod. Hal ini diakibatkan tanaman kitolod ini bisa tumbuh dengan baik di wilayah lembab dan tersingkap di sepanjang drainase air seperti sungai.


Kitolod mempunyai bunga berwarna putih yang hadir dari ketiak daun dan bertangkai panjang. Daun kitolod ialah daun tunggal berbentuk meruncing dan tidak banyak bergerigi. Batangnya tegak, menopang daun, bunga dan buahnya sampai 60cm, dan pada pangkalnya mempunyai getah yang beracun.

Dalam basaha Sunda tumbuhan ini dikenal dengan daun tolod, sedang orang Jawa lebih mengenalnya dengan istilah daun kendali. Disamping itu, tanaman kitolod mempunyai nama latin dengan sebutan latin Laurentina longifora (Linn.) atau Isotoma Longifora Presi. ini mempunyai bunga berwarna putih yang mahkotanya tampak laksana bintang karena melulu terdiri dari 5 (lima) helai. Manfaat Tanaman Kitolod Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Kitolod Bagi Kesehatan


Manfaat Tanaman Kitolod Bagi Kesehatan


Manfaat Tanaman Kitolod Bagi Kesehatan ,- Siapa yang sangka bahwa tanaman yang terabaikan ini terbukti mempunyai efek guna menyembuhkan sekian banyak penyakit seperti iritasi mata, sakit gigi, asma, sampai kanker. Hal ini dikarenakan secara kimiawi tanaman kitolod mengandung zat-zat berkhasiat seperti alkoid, saponin, flavanoid, dan felifenol.

Perlu diketahui bahwa getah tumbuhan ini berisi racun. Karena tersebut bila inginkan dikonsumsi dosisnya mesti diperhatikan, yakni untuk masing-masing kali minum jangan lebih dari 3 eksemplar daun.

Senyawa flavonoid yang terdapat didalam tumbuhan kitolod ini bisa berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu faedah dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus.

Kesehatan insan sangat tergantung pada flavonoid sebagai antioksidan untuk menangkal kanker. Manfaat utama flavonoid ialah untuk mengayomi struktur sel, menolong memaksimalkan guna vitamin C, menangkal keropos tulang, sebagai antibiotik dan anti-inflamasi (Winarsi 2007 dalam Sudirman 2011).

Flavonoid pun dapat berperan dalam pencegahan dan penyembuhan penyakit umum lainnya, yakni periodontitis (infeksi pada gusi yang merusak jaringan lunak, menghancurkan tulang yang menahan gigi, bisa menyababkan kehancuran gigi atau bahkan penambahan resiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lain),, wasir (ambeien), encok, rematik, diabetes melitus, katarak dan asma.

Tanaman kitolod memiliki khasiat yang spektakuler untuk mengobati sekian banyak penyakit mata laksana silinder, katarak, rabun jauh, rabun dekat, mata minus, mata plus, nyeri dan perih pada mata, dan tumor mata.

Menurut sejumlah peneliti pengobat herbal didunia seperti Burkill (1935), Allen (1943), air yang didapatkan dari bagian tumbuhan kitolod dapat digunakan untuk menangkal dan mengobati iritasi mata.

Masyarakat jaman dahulu sudah tidak sedikit yang mengenal tumbuhan ini sebagai obat gangguan mata. Mereka memakai daun kitolod yang dipungut pagi hari yang masih terdapat air embunnya. Jaman dahulu masyarakat percaya kitolod yang masih terdapat air embunnya bisa menyembuhkan sekian banyak  penyakit mata.

Adapun cara pemakaian tanaman Kitolod guna obat mata ialah petik bunga kitolod sejumlah tangkai, lantas masukan ke dalam gelas mengandung air bersih dan diamkan sejumlah menit. Kemudian ambil, teteskan ujung tangkainya pada unsur mata kanan dan kiri, setiap dua tetes atau pada unsur mata yang sakit saja. Pada ketika pemakaian, mata bakal terasa perih. Lakukan berulang–ulang, paling tidak 3 kali sehari.

Masing masing daun dan bunga kitolod memiliki guna tersendiri, tetapi perlu dikenang bahwa tumbuhan kitolod yang kamu gunakan sebagai obat mesti bersih dan terbebas dari penyakit, jangan pakai kitolod yang berasal dari lokasi yang kotor dan tidak sedikit sampahnya seperti selokan, selain tersebut perlu dikenang bahwa pangkal batang kitolod berisi racun dan mesti kamu hindari.

Nah itulah informasi terkait Manfaat Tanaman Kitolod Bagi Kesehatan yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat :) Tak lupa baca juga Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

0 komentar:

Posting Komentar