Selasa, 08 Mei 2018

Fakta Khasiat dan Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan

Fakta Khasiat dan Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan > Mungkin tanaman bandotan masih terdegar asing di telingan zaman anak muda sekarang ini. Namun tahukah Anda ? ternyata manfaat dari tumbuhan bandotan ini bukan hal asing di kalangan orang tua kita.

Fakta Khasiat dan Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan


Dari laman wikipedia.org menyebutkan bahwa Bandotan (Ageratum conyzoides) adalah sejenis gulma pertanian anggota suku Asteraceae. Terna semusim ini berasal dari Amerika tropis, khususnya Brasil, akan tetapi telah lama masuk dan meliar di wilayah Nusantara. Disebut juga sebagai babandotan atau babadotan (Sd.); wedusan (Jw.); dus-bedusan (Md.); rumput balam (Ptk.); serta Billygoat-weed, Goatweed, Chick weed, atau Whiteweed dalam bahasa Inggris.

Bandotan termasuk ke dalam tanaman terna semusim, tumbuh tegak atau unsur bawahnya berbaring, tingginya selama 30-90 cm, dan bercabang. Batang bulat berambut panjang, andai menyentuh tanah akan menerbitkan akar. Daun bertangkai, letaknya saling berhadapan, dan bersilang (compositae), helaian daun bulat telur dengan pangkal membulat dan ujung runcing, tepi bergerigi, panjang 1-10 cm, lebar 0,5-6 cm, kedua permukaan daun berambut panjang dengan kelenjar yang terletak di permukaan bawah daun, warnanya hijau. Bunga majemuk tipe cangkir 6-8 mm, dengan tangkai yang berambut. Buahnya berwarna hitam dan berbentuk dan bentuknya kecil. Bandotan dapat ditambah dengan biji (Dalimartha, 2007).

Fakta tanaman ini dinamakan dengan bandotan ialah karena tumbuhan ini mengeluarkan bau yang serupa kambing. Ternyata, tumbuhan ini sudah lama dipakai sebagai bahan herbal oleh nenek moyang di Asia.

Fakta Khasiat dan Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan


Fakta Khasiat dan Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan
Sejak dulu, daun bandotan sudah dipakai sebagai bahan obat tradisional dalam menyehatkan tubuh dan pun memberikan kekuatan dalam menangkal penyakit. Bandotan mempunyai rasa tidak banyak pahit, pedas, dan mempunyai sifat menetralkan.

Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam bandotan, di antaranya adalah asam amino, oraganacid, pectic substance, minya asri, kumarin, ageratochromene, friedelin, ß-sitosterol, stigmasterol, tannin, sulfur, dan potassium chloride. dan masih tidak sedikit lagi.

Dengan adanya beberapa kandungan senyawa alami ini menjadikan tanaman bandotan berkhasiat sebagai stimulan, tonik, pereda demam (antipiretik), antitoksik, menghilangkan pembengkakan, menghentikan perdarahan (hemostatis), peluruh haid (emenagog), peluruh kencing (diuretik), dan pelumuh kentut (kaiminatit). Di samping itu, daun bandotan pun ternyata dapat dipakai sebagai insektisida nabati. Fakta Khasiat dan Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan

Cara Mengolah Tumbuhan Bandotan Sebagai Obat Tradisional



Fakta khasiat bandotan untuk kesehatan yang pertama ialah dapat mengobati penyakit kulit seperti bisul maupun borok. Anda dapat mengahaluskan sejumlah lembar daun ini lantas Anda tempelkan ke unsur kulit yang ada bisulnya. Lakukan urusan ini rutin supaya bisul kita cepat hilang.

Fakta kedua sebagai obat tradisional untuk mengobati rematik atau bengkak maupun keseleo. Caranya ambillah satu genggam daun bandotan dan batang muda tanaman bandotan segar, satu kepal nasi basi, dan 1/2 sendok teh garam, kemudian cucilah daun dan batang muda hingga bersih, lalu tumbuklah bareng nasi dan garam, hingga menjadi adonan laksana bubur kental, lalu turapkanlah ramuan ke unsur sendi yang bengkak seraya dibalun. Setelah itu, biarkanlah sekitar 1-2 jam, kemudian balutan dilepaskan, dan diteruskanlah perawatan laksana ini 2-3 kali sehari.

Fakta ketiga ialah untuk mengobati sakit telinga tengah akibat radang. Caranya cukup Anda ambil daun herbal bandotan segar secukupnya lalu dicuci sampai bersih kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu peras dan saringlah hasil tumbukan tadi kedalam gelas. Nah hasil dari perasan tadi lalu teteskan 4 x sehari untuk pengobatan.

Fakta keempat dapat mengobati pendarahan rahim, dan saiawan. Caranya cukup siapkanlah sebanyak 10-15 g herba bandotan dan dua gelas air bersih lalu rebuslah dengan air tersebut. Terus rebus sampai tersisa menjadi satu gelas air dan kemudian saring dan air saringannya diminum sekaligus. Minumlah sebanyak 2-3 kali sehari. Baca juga : Fakta khasiat alang-alang untuk kesehatan

Fakat kelima khasiat bandotan ialah sebagai anti tumor / anti kanker. Caranya siapkanlah sebanyak 30-60 g herba bandotan kering segar atau 15-30 g herba kering, dan tiga gelas air kemudian rebuslah sampai mendidih dan tuangkan kedalam gelas. Kemudian air rebusan tadi lalu diminum sebanyak 3 x sehari secara rutin dan teratur.

Fakta keenam ialah untuk kecantikan dan perawatan rambut. Caranya Anda cukup siapkanlah daun dan batang bandotan segar lalu mencucinya sampai bersih. Kemudian tumbuk sampai halus dan lalu oleskanlah hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutuplah kepala dengan sepotong kain. Biarkan selama 2-3 jam Kemudian bilaslah rambut kita

Nah itulah Fakta Khasiat dan Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan dan cara pengolahannya yang bisa kami share. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar