Senin, 07 Mei 2018

Fakta Khasiat dan Manfaat Alang Alang Untuk Kesehatan

Berjumpa kembali di situs sehatmatakuu.blogspot.com :) Setelah kemarin membahas mengenai Tips Mengurangi Sick Building Syndrome, kali ini admin akan memberikan informasi terkait Fakta Khasiat dan Manfaat Alang Alang Untuk Kesehatan tubuh yang perlu untuk kita ketahui.


Fakta Khasiat dan Manfaat Alang Alang Untuk Kesehatan

Alang Alang atau dalam bahasa Inggris nya dikenal dengan Imperata Cylindrica ini merupakan sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Pada umunya alang-alang dapat tumbuh di lokasi atau tempat yang tidak jarang di tumbuhi tanaman binal lainnya oleh orang, semisal di pegunungan, pekarangan yang telah tidak pernah di jamah lagi, dan lokasi-lokasi perkebunan yang telah lama tidak digunakan lagi, alang-Alang adalah tanaman rumput yang paling cepat berkembang.

Tumbuhan ini memiliki sekian banyak  macam sebutan di daerahnya, contohnya neleleng laku (Aceh), rih (Batak), alalang (Minangkabau), lioh (Lampung), alang-alang (Jawa), ki eurih (Sunda), lalang (Madura), ambengan (Bali), halalang (Kalimantan), kalepip (Papua) dan lain-lain. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat ialah akarnya atau rimpang. Akar alang-alang mempunyai rasa agak manis dan mempunyai sifat sejuk.

Fakta Khasiat dan Manfaat Alang-Alang Untuk Kesehatan Tubuh


Tamanan rimpang ini menjadi surga bagi masyarakat yang mengetahui khasiat dan manfaat dari kandungan yang terdapat pada akar alang alang ini. Sejak dulu masayarakat menggunakan akar alang alang sebagai jamu tradisional. Hal ini dikarenakan didalam alang-alang terkandung senyawa alami yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya meliputi : Air (81,00714% ), Karbohidrat(6,3072%),Serat (5,8580%), Abu (1,1301%), monitol, senyawa K, sakarosa, glukosa, malic acid, citric acid, arundoin, cyllindrin, fernenol, simiarenol, anemonin coixoi, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, dan polifenol.

Secara umum fakta khasiat dan manfaat alang alang untuk kesehatan adalah dikenal sebagai obat untuk mengobati panas dalam. Bahkan sekarang, sudah tidak sedikit produk minuman penghilang panas dalam yang tercipta atau menambahkan alang-alang ke dalam komposisinya. Dengan begitu, penderita penyakit ini juga tak butuh repot-repot guna mengekstrak alang-alang sebelum meminumnya.

Tak hanya bermanfaat sebagai mengobati panas dalam, ternyata alang alang juga berkhasiat untuk memperlacar pengeluaran air seni (diuretik), menurunkan panas (antipiretik) dapat menurunkan tekanan darah tinggi meluruhkan kencing. Serta terbukti dapat mencegah dan mengatasi penyempitan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, bengkak karena peradangan ginjal akut, infeksi saluran kemih, muntah darah, batuk darah, air kemih. Bahkan berdasarkan penelitian akar alang –alang dapat menyembuhkan sakit kuning (hepatitis).

Di Bali dan Indonesia unsur timur umumnya, daun alang alang yang dikeringkan dan dikebat dalam berkas-berkas dipakai sebagai bahan atap lokasi tinggal dan bangunan lainnya. Daun alang alang pun kerap dipakai sebagai mulsa untuk mengayomi tanah di lahan pertanian. Serat halus dari malai bunganya kadang-kadang dipakai sebagai pengganti kapuk, untuk memenuhi alas istirahat atau bantal.

Nah itulah sejumlah Fakta Khasiat dan Manfaat Alang Alang Untuk Kesehatan yang bisa kami bagikan. Semoga bisa bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar